PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI

By On Friday, March 7th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Suatu disiplin ilmu yang mem­pelajari seni musik dalam konteks kebudayaan suatu masyarakat. Dalam hal ini seni musik tidak hanya dipandang dari segi estetikanya saja, melainkan lebih pada latar belakang sistem budaya masyarakat ber­sangkutan^ Artinya, seni musik dipandang sebagai sa­lah satu produk budaya yang sarat dengan nilai dan pesan budaya masyarakat pendukungnya. Selain itu, seni musik juga dimengerti melalui kaitannya dengan cabang kesenian lainnya, seperti seni tari, lukis, dan drama, yang tumbuh dan berkembang dalam suatu masyarakat; bahkan juga dilihat kaitannya dengan aspek kehidupan lain, seperti aspek religi, sistem pengetahuan, sistem teknologi, dan sistem pencaha­rian hidup. Dengan kata lain, seni musik ditelaah se­cara fungsional, dengan melihat kaitannya dengan unsur-unsur lain yang mengkondisikan beradanya seni musik itu sendiri dalam masyarakat.

Pada awalnya, tahun 1880-an, etnomusikologi di­sebut musikologi komparatif oleh para sarjana dan menyangkut pengukuran pola nada, data antropologi, arsip museum, atau pelajaran musik eksotik. Jaap Kunst, seorang ahli Belanda dalam musik Indonesia, menciptakan batasan etnomusikologi tahun 1950-an. Tahun 1956 dibentuk masyarakat etnomusikologi yang terdiri atas musikus dan antropolog yang berminat da­lam dunia musik. Etnomusikologi kemudian berkem­bang sehingga mencakup seni musik Jepang, musik suku bangsa di Irian, lagu rakyat Inggris, jazz, dan struktur sosial dan finansial musik populer Eropa- Amerika.

Seorang ahli etnomusikologi yang menjadikan se­ni musik sebagai objek kajiannya akan memperhati­kan dengan saksama: bentuk dan struktur musik, me­lodi, harmoni, tempo, ritme, vokal, alat musik yang dipakai, teks lagu/syair, tema, kesempatan atau pe­ristiwa ketika seni musik itu dipertunjukkan, orang yang menanggap, orang yang mensponsori, tempat pertunjukan, sosialisasi atau pewarisan seni itu ke­pada generasi penerus, properti dan asesori penyanyi­nya.

Kelompok sasaran yang menjadi perhatian para etnomusikolog tidak saja terbatas pada masyarakat sederhana melainkan juga masyarakat yang kompleks kebudayaannya; bukan saja masyarakat tradisional agraris melainkan juga masyarakat modern industria­lis; bukan saja masyarakat pedesaan melainkan juga masyarakat perkotaan. Oleh karena itu, para etnomu­sikolog tidak hanya akan memperhatikan musik atau lagu rakyat, melainkan juga musik pop, dan bahkan musik klasik.

Di Indonesia, lembaga pendidikan tinggi yang mem­punyai jurusan etnomusikologi, antara lain, Fakultas Sastra Universitas Sumatra Utara. Sementara Insti­tut Kesenian Jakarta hingga tahun 1989 masih dalam tahap persiapan.

Incoming search terms:

  • etnomusikologi
  • pengertian etnomusikologi
  • arti etnomusikologi
  • apa itu etnomusikologi
PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI | ADP | 4.5