PENGERTIAN FALKLAND

By On Monday, March 10th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Nama resminya Koloni Wilayah Ja­jahan dan Kepulauan Falkland, merupakan koloni Inggris dengan pemerintahan sendiri. Letaknya di Laut Atlantik Selatan. Luasnya sekitar 15.800 kilo­meter persegi, atau sekitar seperdelapan Pulau Jawa, dan terdiri atas dua ratus pulau. Dua pulau utama­nya, Falkland Timur dan Falkland Barat, mencakup wilayah seluas sekitar 4.300 kilometer persegi. Ibu kotanya Port Stanley di Falkland Timur. Sejak tahun 1760-an kepulauan ini menjadi rebutan antara Inggris, Argentina, dan Spanyol.

Iklim di kepulauan ini lembap dan dingin, disertai angin kencang yang menyulitkan tumbuhnya pepo­honan di kepulauan itu. Hampir semua penduduknya yang berjumlah sekitar dua ribu jiwa adalah orang Inggris tulen. Penduduk aslinya beternak domba yang bulunya (wol) diekspor. Para nelayannya memburu ikan paus untuk diambil minyaknya dan diekspor juga. Nilai ekspor kepulauan ini jauh lebih besar daripada nilai impornya. Di Stanley, ibu kota dan kota terbesar yang terletak di Falkland Timur, sekitar se­paro penduduk Falkland bermukim.

Pada tahun 1592 seorang penjelajah Inggris, John Davis, untuk pertama kalinya melihat adanya segu­gusan pulau. Baru pada tahun 1690 John Strong, se­orang kapten berkebangsaan Inggris, untuk pertama kalinya mendarat di gugusan pulau itu. Ia lalu mena­makannya Falkland, yang diambil dari nama Viscount Falkland, bendahara angkatan laut Inggris. Kepulauan ini kemudian diklaim berturut-turut oleh Perancis, Spanyol, dan Argentina yang menamainya Malvinas. Pada tahun 1883 Inggris memberlakukan pemerintah­annya di kepulauan ini, dan hingga sekarang Falkland merupakan basis penting bagi Inggris. Pada tahun 1914 angkatan laut Inggris menang mutlak atas ang­katan laut Jerman di sekitar kepulauan ini.

Argentina ternyata terus mengklaim kepulauan ini sebagai miliknya. Pada bulan April 1982 Argentina menduduki kepulauan ini. Inggris pun mengerahkan tentara, kapal perang, dan pesawat tempur ke Falk­ land. Pecahlah perang di darat, laut, dan udara antarT kedua negara ini. Pada bulan Juni tahun yang sama, Argentina menyatakan diri menyerah.

Koloni Kepulauan Falkland ditetapkan pada tahun 1908. Ketika itu koloni ini mencakup antara ‘rwi­layah Georgia Selatan, Orkney Selatan, Shell; Se­latan, dan Sandwich Selatan. Dua wilayah kepulau­an yang disebut terakhir dimasukkan ke dalam Teri­torial Antartika Inggris pada tahun 1962.

PENGERTIAN FALKLAND | ADP | 4.5