PENGERTIAN FIFINGLEBA

By On Thursday, March 13th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Kerabat merpati yang hidup di daerah dataran tinggi dan pegunungan di wilayah Indonesia bagian timur. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada burung merpati. Warna bulu penutup tubuhnya ce­rah dan bulu ekornya berjumlah dua belas helai. Sa­yapnya yang lebar menandakan bahwa burung terse­but kuat terbang dalam jarak yang jauh. Burung ini hidup berpasang-pasangan atau membentuk kelom­pok kecil di atas puncak-puncak pohon yang tinggi. Makanannya hanya buah-buahan yang diambil dari pohon yang dihinggapinya. Di Indonesia hanya ada dua jenis fifingleba, yaitu fifingleba buser dan fifing­leba irian. Kedua jenis burung ini tidak dapat dijinak­kan dalam waktu yang singkat seperti merpati yang telah terbiasa dengan kehidupan manusia.

fingleba Buser mempunyai bulu penutup tubuh berwarna abu-abu kehitaman; bulu kepala berwarna abu-abu terang; leher bawah berwarna krem, sedang­kan bulu tubuh bagian bawah berwarna merah keco­kelatan. Sayap dan ekornya berwarna kehitaman, kaki berwarna merah tua, dan paruh berwarna kuning. Bu­rung jantan dan betina sulit dibedakan, tetapi bentuk tubuh yang jantan umumnya lebih besar daripada be­tinanya dengan panjang tubuh berkisar 370—410 mi­limeter. Daerah penyebarannya terbatas di hutan- hut n pegunungan Pulau Buru dan Pulau Seram. Si­fatnya masih sangat liar.

Fifingleba Irian bercirikan bulu penutup tubuh ba­gian atas berwarna abu-abu metalik, dada berwarna krem, dan bulu di atas kaki berwarna merah ke­cokelatan. Ujung ekor berwarna abu-abu, kaki merah, bulu di bawah leher berwarna merah kecokelat­an, dan paruh berwarna merah muda. Warna tubuh burung jantan dan betina tidak dapat dibedakan. Pan­jang tubuhnya 300—340 milimeter. Burung ini sering memakan buah-buahan di atas pohon dan sesekali tu­run ke bawah untuk mengambil sisa pakan yang ja­tuh. Terbangnya tinggi sekali dengan kebiasaan hing­gap di puncak pohon dan berpindah-pindah dari po­hon ke pohon. Daerah penyebarannya meliputi Irian, Pulau Bacan di Maluku, dan Pulau Andai, serta hutan-hutan pegunungan sekitarnya.

Klasifikasi Ilmiah. Fifingleba buser dan fifingleba irian termasuk marga Gymnophaps nama jenisnya G. muda dan G. albertisii.

PENGERTIAN FIFINGLEBA | ADP | 4.5