PENGERTIAN FIKSI SAINS

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Salah satu bentuk kesusastraan yang dikembangkan dari cerita khayalan. Fiksi sains, ber­beda dari cerita khayalan biasa, mengisahkan cerita berlatar belakang ilmu pengetahuan dan dapat benar- benar terjadi.

Perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bi­dang fisika dan kimia, menarik minat penulis untaik mencetuskan cerita fiksi sains. Umumnya cerita fiksi sains bertemakan kisah perjalanan ke suatu tempat, misalnya pelayaran ke suatu samudera, perjalanan ke bulan atau planet lain. Sebenarnya karya fiksi sains telah muncul sejak abad ke-I8, seperti dalam Gulli­ver’s Travel (1726), karya Jonathan Swift, yang ber­isikan empat perjalanan fantastis dan sangat digemari masyarakat, terutama anak-anak; dan Micromegas (1752), karya Voltaire, yang menceritakan perjalanan ruang angkasa. Dan sejak abad ke-19 fiksi sains ti­dak hanya berupa buku tetapi ditampilkan dalam ben­tuk cerita pendek yang dicetuskan oleh Edgar Allan Poe dan Nathaniel Hawthorne.

Pada tahun 1926 di Amerika Serikat muncul ma­jalah Amazing Stories yang dipelopori oleh Hugo Gernsback. Dengan terbitnya majalah ini, fiksi sains muncul sebagai suatu aliran kesadaran.

Incoming search terms:

  • fiksi sains
  • pengertian fiksi sains
PENGERTIAN FIKSI SAINS | ADP | 4.5