PENGERTIAN FLAGELA

By On Wednesday, March 19th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Suatu struktur tambahan seperti benang yang terdapat pada beberapa jenis kuman dan jasad renik lainnya, misalnya algae (ganggang), fungi (ja­mur), dan protozoa. Struktur tambahan ini dapat di­temukan tunggal, berkelompok berupa berkas, atau hampir menutupi seluruh badan sel.

Pada kuman, susunan flagela merupakan gambar­an taksonomi yang sangat penting. Berdasarkan su­sunan flagela tersebut, kuman dapat dipisahkan men­jadi golongan kuman monotrik, amfitrik, lofotrik dan peritrik (Lihat Gambar). Fungsinya adalah sebagai alat penggerak, yang panjangnya sekitar 3—20 mikron dengan garis tengah 12—25 nanometer (10 ~9). Flage­la kuman dapat dilihat dengan mikroskop medan- gelap, dan tidak dengan mikroskop cahaya biasa, ke­cuali kalau sebelumnya diwarnai secara khusus, mi­salnya dengan pewarnaan flagela Leifson atau Gray. Flagela mengandung antigen flage’ar yang khas dan disebut antigen H (berasal dari kata Jerman Haroch yang berarti kulit).

Flagela kuman terdiri atas beberapa pita protein yang tersusun secara longitudinal. Tiap pita protein terdiri atas rantai flagelin yang berhubungan rapat se­perti tambang, tersusun seperti spiral atau paralel. Ujung flagela yang terdapat pada kuman disebut ba­dan basal dan sangat erat berhubungan dengan selu­bung badan kuman. Flagela secara mekanik dapat di­lepaskan, tanpa menyebabkan kematian sel, dan da­pat tumbuh kembali secara cepat. Pada kuman yang dinding selnya dihilangkan secara enzimatik flagela- nya menjadi tidak dapat bergerak. Mekanisme gerak­an flagela agaknya merupakan suatu gerakan berpu­tar, yang berasal dari flagela tersebut. Kecepatan ge­rakan kuman peritrik lebih lambat daripada kecepat­an gerakan kuman yang mempunyai flagela pada ujung-ujungnya seperti pada yang monotrik, amfitrik, atau lofotrik, yang bergerak dengan kecepatan 50 mi­kron tiap detik.

Flagela yang terpadat pada sel jasad renik terten­tu, seperti algae, jamur, dan protozoa, disebut flage­la eukariotik, dan umumnya mempunyai struktur yang sama, yaitu panjangnya mencapai 40 mikron atau le­bih dengan garis tengah sekitar 0,2—0,3 mikron. Sel yang memiliki flagela ini biasanya dapat bergerak aktif. Setiap flagela terdiri atas lapisan membran luar  yang merupakan kelanjutan dari membran sel yang meliputi matriks, dan mengandung aksonema yang berpangkal pada badan basal. Gerakan fiagela dari jasad renik berflagela sering merupakan gerakan ge­lombang yang bermula dari badan basal dan gerakan dapat berada dalam satu bidang atau lebih. Gerakan maju sel arahnya bertentangan dengan gerakan gelom­bang fiagela. Gerakan fiagela dapat dilihat dan dipe­lajari dengan pertolongan stroboskop dan sinefoto- grafi berkecepatan tinggi.

Incoming search terms:

  • Pengertian flagela
  • flagela
  • flagela adalah
  • pengertian flagella
  • harbul fijar adalah
  • pengertian flagel
  • flagella adalah
  • arti flagela
  • apa yang dimaksud dengan flagela
  • apa itu flagela
PENGERTIAN FLAGELA | ADP | 4.5