PENGERTIAN FLAMENCO

By On Thursday, March 20th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Suatu nyanyian tradisional, tarian, dan instrumen musik Gipsi Andalusia, Spanyol Selatan. Musik flamenco berakar pada musik Gipsi, bahkan ada yang berpendapat bahwa flamenco berkaitan de­ngan nyanyian keagamaan Indian. Seperti bentuk Indian, flamenco terdiri atas improvisasi dalam aturan yang keras.

Intisari flamenco adalah cante atau lagu, yang se­ring diiringi musik gitar dan tarian. Lagu kadangkala tidak sejalan dengan iringan gitar, namun keduanya selalu menemukan muara yang sama. Musik dan ta­rian dibagi atas tiga kategori, yaitu jondo atau grande, kesedihan mendalam yang berhubungan dengan tema kematian, keputusasaan, penderitaan, atau agama; intermediate, lebih ringan tetapi juga dengan gerakan yang sering kali serupa dengan musik timur; chico (ringan) dengan subjek cinta, daerah pedalaman dan kegembiraan. Aliran khusus cante dibedakan oleh ka­rakteristik irama dan struktur paduan nada. Bebera­pa jenis cante dapat sama iramanya tetapi masing- fnasing dengan tekanan, kehalusan, dan kepuasan emosional tersendiri. Berbagai jenis lagu merupakan tiruan, di antaranya yang serius soleares turunan canas, yang meningkat ke ringan alegrias, dan yang ingan lainnya bulerias. Bentuk lagu Gipsi murni di­sebut alboreas, lagu tradisional untuk perkawinan. Bentuk lain, fandangos grandes, berasal dari lagu dan tarian rakyat Spanyol.

Tarian flamenco dibawakan dalam bentuk tarian rakyat maupun pertunjukan di panggung; pemainnya menari secara apa adanya ditambah improvisasinya sendiri. Tarian mencakup banyak keahlian gerakan rubuh, gerakan tangan, bunyi-bunyian jari tangan, dan ketukan sol sepatu yang merangsang irama. Ke- epatan menari bukanlah segalanya, tetapi kecepatan membuktikan penguasaan irama dan penguasaan ber­main bersama pemusik dan penyanyi yang juga meng­iringinya dengan tepukan. Saling sahut antara kedua pihak membawa suasana yang mengasyikkan, dalam sebuah pola irama yang teranyam begitu erat. Tarian dibawakan oleh seorang penari, pasangan, atau ke­lompok. Penari flamenco yang baik diilhami semangat penuh gairah dan mengkomunikasikannya kepada pe­nonton. Pakaian warna-warni dengan berbagai ma­cam suara menambah semaraknya penampilan tarian.

Pada abad ke-19, orang Gipsi mulai menarikan fla­menco secara profesional di tempat hiburan dan pa­da saat ini kata flamenco mulai diterapkan pada mu­sik dan tari mereka. Pada mulanya penari flamenco diiringi tepuk tangan, ketukan kaki, dan nyanyian, tetapi lama kelamaan digunakan juga iringan kasta- nyet dan gitar, yang kemudian menjadi pengiring yang menonjol. Idealnya, seorang gitaris flamenco adalah seorang pengiring yang sensitif dan kaya akan penge­tahuan musik dan tari.

Sampai saat kini, masyarakat Gipsi termasuk ke- ompok etnis yang tak dapat dipisahkan dari flamen­co. Maka tidaklah aneh jika banyak masyarakat Gipsi Spanyol yang membentuk kelompok seni flamenco, baik untuk pagelaran bagi turis Spanyol maupun un­tuk pagelaran di luar Spanyol. Juga Indonesia pernah mengundang salah satu kelompok tersebut untuk ber­main di Gedung Kesenian Jakarta.

Incoming search terms:

  • tari flamenco
  • pengertian tari flamenco
  • fungsi tari flamenco
  • tarian flamenco
  • fungsi tarian flamenco
  • keunikan tari flamenco
  • fungsi tari flamenco spanyol
  • makna tari flamenco
  • tari flamenco berarti
  • keunikan gerak tari flamenco
PENGERTIAN FLAMENCO | ADP | 4.5