PENGERTIAN FRIGAT

By On Sunday, March 23rd, 2014 Categories : Bikers Pintar

Dari kata Italia kuno fregata yang di-inggriskan menjadi frigate, suatu jenis kapal perang yang mengkombinasikan persenjataan yang relatif kuat dengan kecepatan dan kemampuan manuver. Berbeda dengan kapal perang jenis lain, senjata po­kok frigat hanya dipasang pada dek atas saja, sehingga kemampuan manuvernya jauh lebih tinggi dibanding­kan dengan kapal perang yang dilengkapi senjata po­kok pada dua atau tiga dek. Persenjataan pokok fri­gat dapat berupa meriam, torpedo, dan peluru ken­dali, dan bahkan juga helikopter.

Frigat mulai diperkenalkan sekitar tahun 1750. Pa­da waktu itu frigat masih terbuat dari bahan kayu. Frigat dari bahan besi yang pertama adal?.h frigat Pe­rancis yang bernama La Cloira, dengan penggerak te­naga uap. Frigat Amerika Serikat USS Merrimac yang dibuat pada tahun 1854 merupakan frigat terakhir dengan tenaga uap. Frigat USS Bainbridge adalah yang pertama menggunakan tenaga nuklir.

Sejak awal Perang Dunia II, kapal-kapal perusak ukuran kecil milik Kerajaan Inggris disebut frigat dan sekarang di Angkatan Laut Amerika Serikat (US Na­vy), frigat adalah kapal perusak berat yang dipersen­jatai dengan peluru kendali.

Dalam jajaran ABRI, dalam hal ini TNI-AL, fri­gat terakhir yang masuk dinas adalah Kias Van Spijk yang diberi nama KRI Oswald Siahaan, yang dibeli dari Kerajaan Belanda. Frigat yang mampu berperan sebagai unsur antikapal selam dan antiserangan udara ini memiliki panjang 113,42 meter, lebar 12,48 me­ter, dengan kecepatan maksimal 28 knot. Persenja­taan frigat ini meriam, torpedo, peluru kendali Sea- cat, dan peluru kendali Harpoons. Frigat ini serta mampu membawa satu helikopter. Awak kapal ter­diri atas 19 perwira, 84 bintara, dan 97 tamtama.

 

PENGERTIAN FRIGAT | ADP | 4.5