PENGERTIAN INDULGENSI

By On Sunday, March 30th, 2014 Categories : Bikers Pintar

PENGERTIAN INDULGENSI – Secara harfiah berarti kemurahan hati, kemudian pengampunan hukuman sementara akibat dosa yang telah diampuni. Dosa tidak dapat dihapuskan indulgensi yang mengandaikan sudah ti­dak ada dosa lagi.

Gereja selalu berdoa untuk semua anggotanya agar mereka menjadi semakin murni dan kudus. Gereja adalah Tubuh Kristus rohani yang terdiri atas ba­nyak anggota dengan Kristus sebagai kepala. Dalam hal indulgensi, Gereja menjadikan anggota tertentu sasaran khusus doanya. Jadi, jika Gereja mendoakan sesuatu sesuai dengan kehendak Allah (Matius 18,20) maka doa itu pasti dikabulkan Allah, asal manusia yang didoakan itu mau dan dapat menerima anugerah itu. Untuk itu, ia harus berada dalam keadaan rah­mat dan berbuat baik (sesuai dengan apa yang diwa­jibkan menurut indulgensi tertentu, misalnya doa, to­bat, ziarah, amal, dll) serta bersedia dirinya dibersih­kan dari akibat dosa yang masih melekat padanya (wa­lau dosa itu sendiri sudah diampuni).

Indulgensi dapat diperoleh untuk diri sendiri mau­pun arwah-arwah di Api Penyucian. Seluruh bidang indulgensi diatur kembali untuk KHK Kan dan oleh Enchiridion Indulgentiorum (1968) serta ensiklik Aperite Portas Redemptori (1983). Praktik mempropagandakan indulgensi (afiat) yang terlalu materialistis (memberi derma untuk proyek gerejani atau amal tanpa memperbarui sikap) menjadi salah satu alasan perpecahan Gereja pada abad ke-16 (Re­formasi).

Incoming search terms:

  • pengertian indulgensi
PENGERTIAN INDULGENSI | ADP | 4.5