PENGERTIAN JARINGAN KOMUNIKASI

134 views

Dalam konsultasi kesulitan atau problem-problem yang terjadi di dalam kelompok kerja, maka komunikasi adalah hal yang terpenting. Komunikasi penting untuk hubungan pimpinan dan anak buahnya atau bawahannya. Masalah komunikasi sendiri dapat menimbulkan problem bagi anggota suatu kelompok, dan hal ini merupakan salah satu simtom bagi penyelesaian persoalan yang terjadi dalam kelompok.

Di bawah ini akan digambarkan macam-macam bentuk komunikasi, yakni:

Bila kita melihat gambaran di atas, maka struktur dalam roda

menampakkan ciri sebagai berikut:

–              individu-individu yang termasuk dalam jaringan kerja akan terlihat

oleh pemimpin kelompoknya;

–              posisi pemimpin akan menentukan peranan dalam kelompok, dan

pemimpin tersebut akan mengontrol kegiatan kelompok dan cara

kerja anggota yang lainnya;

–              pesan-pesan dapat disampaikan yakni dari anggota yang satu melalui

pimpinan kelompok kemudian diteruskan kepada anggota yang

lainnya. Tampaknya hal ini memperlihatkan kedominanan pimpinan

kelompok, tetapi sebenarnya hal ini terjadi karena posisi pimpinan

yang ada di pusat komunikasi;

–              pimpinan mempunyai tugas untuk mengumpulkan informasi dari

anggota (anak buah) kelompoknya, meneruskan informasi, menja-

wab pertanyaan yang timbul, menentukan tugas untuk anak buahnya

bila dirasakan perlu, dan mengevaluasinya;

–              yang dirasakan sulit bila banyak persoalan yang datang kepada

pimpinan, dan beban yang dipikulnya berlebih, maka efisiensi dari

kerja akan menurun. Hal ini disebabkan karena anggota kelompok banyak bergantung padanya.

Maka akhirnya kita dapat mengetahui mengapa terjadi banyak kesulitan dalam kepemimpinan demokratis dan autoriter, sehingga terjadi kelebihan beban yang dipikul oleh pemimpin. Karena kepemimpinan demokratis dan autoriter menawarkan kebebasan bagi anak buah atau anggota kelompoknya.

Dasar kekuatan dalam sistem komunikasi dapat ditentukan dalam empat bagian, yakni sebagai berikut:

  1. Mempunyai ciri informasi yang berasal dari luar, yang diperoleh dengan berbagai macam cara. Contohnya antara pencari pesanan dan penjual tentang persaingan dengan produk yang lain. Hal ini dilaporkan kepada pimpinan atau supervisor atau mandor.
  2. Aturan yang ketat tentang pencarian informasi. Apa yang terjadi dengan barang penjualan, apa yang akan dilakukan terhadap produk saingan, atau apa yang akan dilakukan bila ada kesulitan dengan keluarga pekerja?
  1. Aturan tentang mengendalikan informasi yang berasal dari dalam organisasi. Misalnya bagaimana mengambil keputusan di dalam organisasi, dan bagaimana informasi akan kekuatan organisasi?
  2. Ciri-ciri informasi yang akan meninggalkan kekuatan. Misalnya terhadap pemesan, terhadap pemakai, dan terhadap publik terdapat suatu perbedaan dalam mengumpulkan informasi, jelasnya siapa yang akan dijaring dan dengan maksud apa? Dan bagaimanakah publik menginterpretasikan informasi yang diperolehnya.

Kesukaran-kesukaran dalam komunikasi dalam hubungannya dengan pemberian informasi, terutama terjadi dalam komunikasi satu arah. Misalnya mandor yang harus mengatur pekerja dan harus melaporkan kesalahan anak buahnya kepada atasannya, sehingga atasannya akan mengadakan pemecatan terhadap pekerja atau anak buah yang bersalah. Dalam hal ini komunikasi hanya terjadi dalam satu arah saja, .yaitu dari atas ke bawah, dan yang paling menderita adalah para bawahan.

Selain hal-hal di atas, hambatan dalam komunikasi terjadi dalam pemilikan status, seperti anggota utama atau atasan dengan anggota bawahan. Pihak bawahan pada umumnya takut mengadakan komunikasi dengan pihak atasan, sehingga seharusnyalah pihak atasan mempunyai inisiatif untuk selalu mengadakan komunikasi dengan bawahan.

Hal ini penting sekali dalam organisasi kerja karena secara tak langsung akan diperoleh umpan balik tentang keadaan dalam organisasi kerja.

Dengan macam-macam bentuk jaringan komunikasi yang telah diuraikan terdahulu, maka kita dapat melihat partisipasinya dalam pengambilan keputusan kelompok. Selain itu, kita dapat melihat adanya saling ketergantungan dan kekuatan masing-masing individu dalam organisasi dari lokasi kedudukan individu tersebut. Kedudukan atau posisi akan mempengaruhi kepuasan dan kebahagiaan dalam pekerjaan.

Incoming search terms:

  • pengertian jaringan komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *