PENGERTIAN KAPITALISME DAN SOSIALISME

65 views

Kapitalisme pada hakekatnya merupakan institusi ekonomi yang penampilannya untuk melaksanakan fungsi ekonomi di bawah kondisi-kondisi tertentu, seperti pemilikan pribadi, kebebasan berkontrak, keuntungan pribadi, akumulasi kapital dan insvestasi, pasar kerja yang bebas, sistem gaji dan upah dan konsisi pasar di mana harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan serta persaingan. Memorial dan sistem tenaga kerja pada abad pertengahan secara relatif telah melakukan fungsi ekonomi yang demikian kompleks, tetapi hanya sedikit mengandung sifat kapitalisme seperti tersebut di atas.

Di beberapa kota di Eropa Barat, melalui naturalisasi di berbagai industri penentuan upah, penentuan harga dan sebagainya, merupakan suatu sistem yang sangat menyimpang dari kapitalisme dan yang pantas disebut dengan sosialisme. Tetapi istilah sosialisme di-gunakan dalam banyak pengertian yang berbeda, seringkah cukup membingungkan (misalnya, negara sosialisme, serikat kerja sosialisme, sosialisme ilmiah dan sebagainya). Sistem ekonomi dari Soviet Rusia walaupun cukup rumit, secara relatif memiliki karak-teristik dan kapitalisme. Ini dapat dilihat pada adanya skala besar produksi, pembagian pekerjaan dan ada-nya hubungan di antara institusi. Walaupun ada karakteristik yang dapat dihubungkan dengan kapita-lisme, tetapi tidaklah selalu identik dengan kapitalisme.

Institusi ekonomi mungkin relatif sangat se-derhana, sedikit anggota dan melibatkan sedikit pem-bagian keija dengan sedikit organisasi permanen yang dibangun guna menjalankan fungsi khusus. Demikian, di dalam kebudayaan primitif, berburu mungkin di-lakukan oleh anggota keluarga (biasanya laki-laki, tetapi ini tidak selalu) atau setiap laki-laki dari suatu masyarakat setempat atau mungkin dilakukan oleh kelompok khusus yang terdiri dari beberapa orang ya-itu mereka yang tergabung dan sedikit mengikuti pro-sedur distribusi pekerjaan. Pakaian mungkin dibuat oleh laki-laki atau perempuan secara perorangan di dalam keluarga. Wanita mungkin diikutsertakan di dalam memenuhi kebutuhan makanan dan sekaligus menyiapkannya. Papan mungkin demikian juga; ia diusahakan oleh keluarga. Di dalam masyarakat yang demikian, mungkin terdapat sedikit pengumpulan kebutuhan bagi kesejahteraan material dan dilakukan dengan alat-alat sederhana, termasuk perhiasan- perhiasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *