PENGERTIAN KATA BENDA

By On Wednesday, September 30th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Kata benda adalah kata yang dapat digunakan/difungsikan dalam banyak hal dan paling fleksibel dari semua jenis kata (Hulbert and Miller, 1992). Setiap kali kita mengungkapkan sesuatu, baik secara tertulis maupun lisan maka pemakaian kata benda sangat sulit dihindari dan dia digunakan dalam berbagai fungsi. Berikut ini akan diuraikan fungsi-fungsi dari kata benda tersebut.
1. Kata benda dapat berfungsi sebagai subyek dari kalimat. Subyek kalimat ini dapat orang, tempat, sesuatu, atau ide. Subyek ini menjawab pertanyaan siapa atau apa yang melakukan tindakan/ kegiatan yang diungkapkan oleh kata kerja, dan subyek itu menentukan apakah kata kerja itu harus jamak atau mufrad.
Contoh :
The accountant audited the company.
The teacher congratulated the students.
Kata benda “accountant” dan “teacher” adalah subyek kalimat, sedangkan “audited” dan “congratulated” adalah kata kerja.
2. Kata benda dapat berfungsi sebagai obyek langsung. Obyek langsung ini adalah kata benda yang mengikuti sebuah kata kerja dan dapat berupa orang, tempat, sesuatu atau ide yang menerima tindakan yang diungkapkan oleh kata kerja. Obyek langsung ini menjawab pertanyaan siapa atau apa yang menerima tindakan yang diungkapkan oleh kata kerja.
Contoh :
The manager dictated the memorandum.
The wholesaler sells the product directly to costumer.
“Dictated” dan “sells” adalah kata kerja dari kalimat, sedangkan kata benda “memorandum” dan “product” adalah obyek langsung.
3. Kata benda dapat berfungsi sebagai obyek tidak langsung. Obyek tidak langsung merupakan kata benda yang mendahului obyek langsung yang dapat berupa orang, tempat, atau sesuatu kepada siapa atau untuk siapa, atau untuk apa atau untuk siapa kegiatan/tindakan dari kata kerja dilakukan. Obyek tidak langsung menjawab pertanyaan kepada apa atau untuk siapa, kepada apa atau untuk apa sesuatu dilupakan. Sebuah obyek tidak langsung hampir selalu mengikuti kata kerja dan mendahului obyek langsung.
Contoh :
The lawyer sent the client a contract.
The accountant’ gave ths manager the financial report.
Kata “sent” dan gave” adalah kata kerja dari kalimat, dan kata “client” dan “manager” adalah obyek tidak langsung, sedangkan “contract” dan “financial report” adalah obyek tidak langsung.
4. Kata benda dapat berfungsi sebagai kata benda sebutan. Kata benda sebutan adalah kata benda yang mengikuti sebuah “linking verb” (misalnya, be, am, is, are, were, seem) dan berfungsi sebagai sebutan lain untuk subyek. Pastikan dalam membedakan antara kata benda sebutan dengan obyek langsung. Obyek langsung merujuk kepada orang, tempat, sesuatu atau ide yang berbeda dari subyek. Sebaliknya, kata benda sebutan merujuk kepada orang, tempat, sesuatu atau ide yang sama dengan subyek.
Contoh :
Those employees are programmers.
This man is vendor.
Kata “employees dan “man” adalah subyek kalimat, sedangkan “are” dan “is” adalah kata kerja penghubung (lingking verb) sementara “programmers” dan “vendor” adalah kata benda sebutan yang merujuk kepada subyek.
5. Kata benda dapat berfungsi sebagai obyek dari kata depan (preposition). Sebuah obyek dari sebuah kata depan adalah sebuah kata benda yang mengikuti kata depan (umpamanya of, in, for, by, on, to, at, from) dan dihubungkan dengan kalimat dengan menggunakan kata depan. Kata depan bersama dengan obyeknya merupakan sebuah frasa kata depan. Sebuah frasa kata depan dapat muncul di awal atau di akhir kalimat.
Contoh :
In May, the vice president of our firm will fly to Europe.
Kata “May” adalah obyek dari kata depan “in” kata “firm” adalah obyek dari “of”, dan “Europe” adalah obyek dari “to”.
6. Kata benda berfungsi sebagai apositif. Apositif adalah sebuah kata benda yang iangsung mengikuti kata benda lainnya untuk mengidentifikasi atau menjelaskan kata benda yang diikutinya itu. Contoh :
Mr. Ahmad, my manager, hired a consultant, Mr. Kadir.
“My manager” adalah apositif dari “Mr. Ahmad”, dan “Mr. Kadir” adalah apositif dari “consultant”.
7. Kata benda dapat berfungsi untuk petunjuk langsung (direct address). Sebuah kata benda petunjuk langsung adalah kata benda yang menunjuk pendengar yang berguna untuk menarik perhatian. Kata benda petunjuk langsung ini seringkali digunakan untuk member! pesan dalam nada yang pribadi (personal) dan biasanya dalam percakapan. Kata benda ini menjadi gangguan bagi kalimat, justru itu biasanya di tempat di antara dua koma.
Contoh :
This Software, Miss Chalhoum, will simplify your work.
That financial report, Mr. Widodo, will give you the information about the corporation.
“Miss Chalhoun” dan “Mr Widodo” aaaian kata benda petunjuk langsung yang berguna untuk menarik perhatian kepada orang yang ditunjuk.
8. Kata benda dapat berfungsi sebagai kata sifat. Kata benda yang digunakan sebagai kata sifat adalah kata benda yang mendahului kata benda lainnya dan menerangkan kata benda yang didahuluinya itu (misalnya computer program, business activity, business language). Apabila kombinasi ini sering kali digunakan dalam waktu lama, maka biasanya ditulis dalam satu kata (misalnya shareholders, stockbroker, newspaper, bookstore). Contoh :
Computer can process the report information for a veriety of business operations.
Kata benda “report” menerangkan kata benda “information” dan kata benda “business” menerangkan kata benda “operation”. Dengan demikian baik “report” maupun “business” di sini kedua-duanya berfungsi sebagai kata sifat.
9. Kata benda dapat berfungsi untuk menyatakan punya (possessive modifier). Kata benda seperti ini adalah sebuah keterangan milik terhadap kata benda berikutnya. Keterangan seperti ini menunjukkan kepemilikan, atau hubungan yang sama (misalnya, the company’s profit, the children’s parents, the student’s driving).
Contoh :
The manager’s assistant answered the client’s questions.
Kata benda “manager’s” menerangkan punya terhadap “assistant” dan “client’s” menerangkan punya terhadap “questions”.
10. Kata benda dapat berfungsi sebagai kata keterangan. Sebuah kata benda digunakan sebagai kata keterangan merupakan sebuah kata benda yanq/menerangkan sebuah kata ke/fa (biasanya ditaqdai dengan waktu kegiatan). Contoh :
They will complete the financial statement next month. Kata benda “month” merupakan kata keterangan yang menerangkan kata kerja “complete”.

PENGERTIAN KATA BENDA | ADP | 4.5