PENGERTIAN KOMUNIKASI SOSIAL

By On Friday, November 21st, 2014 Categories : Bikers Pintar

Berturut-turut kita telah mengkaji masalah tugas pimpinan dalam pengembangan masyarakat, proses sosial serta perubahan sosial bahkan perubahan sosial yang direncanakan. Dalam bab ini akan dibahas masalah komunikasi sosial, yang memegang peranan penting dalam menyukseskan usaha-usaha di atas, juga untuk membantu pemahaman yang tepat mengenai fungsi komunikasi dan hal-hal yang akan dibicarakan dalam bab-bab berikutnya seperti mobilitas dan integrasi sosial- budaya. Hal ini bukannya sesuatu yang janggal. Tanpa bantuan komunikasi sosial yang baik, tanpa informasi yang luas dan sinkron yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh semua suku dan golongan mengenai keagungan dan kemanfaatan integrasi nasional misalnya, maka cita- cita yang indah itu akan sulit diwujudkan.

Arti Kata Komunikasi dan Definisi Komunikasi Sosial:

Kata komunikasi berasal dari kata Latin communicare yang mempunyai tiga arti: bergaul dengan seseorang; memberitahukan sesuatu kepada orang lain; berhubungan dengan orang lain. Dari kata keija itu kemudian dibentuk kata benda communicatio yang diindonesiakan menjadi komunikasi. Maka kata komunikasi berarti pergaulan, pemberitahuan dan perhubungan. Dalam uraian selanjutnya kata komunikasi dipakai dalam arti pemberitahuan.

Dalam sosiologi kata komunikasi mengandung pengertian yang luas, oleh karena itu dipakai kata komunikasi sosial. J adi kata komunikasi sosial mempunyai arti tersendiri yang berkaitan dengan hal ihwal pemberitahuan dalam lingkup masyarakat luas. Secara definitifkomuni- kasi sosial ialah suatu proses interaksi di mana seseorang atau suatu lembaga menyampaikan amanat kepada pihak lain supaya pihak lain dapat menangkap maksud yang dikehendaki penyampai.

PENGERTIAN KOMUNIKASI SOSIAL | ADP | 4.5