PENGERTIAN MENU SEIMBANG

By On Tuesday, February 3rd, 2015 Categories : Bikers Pintar

Adalah susunan makanan yang mencukupi semua kebutuhan zat gizi dalam porsi yang seimbang. Tak ada satu pun makanan sempurna yang dapat memenuhi semua kebutuhan akan zat gizi, maka untuk memperoleh menu seimbang diperlukan kombinasi beberapa jenis makanan.

Jenis makanan yang harus ada dalam diet seharihari adalah kelompok makanan pokok, misalnya beras, gandum, jagung; kelompok daging dan kacangkacangan; kelompok sayuran dan buah-buahan, serta susu dan produknya. Di Indonesia, kelompok sayuran dan buah-buahan dipisahkan, sedangkan susu dan produknya digolongkan ke dalam kelompok makanan yang melengkapi keempat kelompok makanan lainnya, maka diperkenalkanlah istilah Menu Empat Sehat Lima Sempurna. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Profesor Poerwo Soedarmo.

Untuk menghindari kejenuhan, orang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berbeda-beda setiap harinya. Namun kelengkapan semua kelompok makanan tersebut tetap perlu dipenuhi. Jumlah makanan yang diperlukan oleh seseorang tergantung pada berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisiknya. Pemilihan komposisi menu sering berkaitan dengan budaya, agama, dan kebiasaan setempat.

Incoming search terms:

  • pengertian menu seimbang
  • apa yang dimaksud menu seimbang
  • apa yang dimaksud dengan menu seimbang
PENGERTIAN MENU SEIMBANG | ADP | 4.5