PENGERTIAN PEMIMPIN KONSULTAN

27 views

Pemimpin ini tidak sama dengan golongan anggota kelompoknya, atau ia juga bukan termasuk atasan. Pemimpin seperti ini adalah seorang penasihat, seorang teman dari luar kelompok, organisasi, atau masyarakat setempat. Tugasnya adalah mendidik, memimpin, memberi dorongan, mengembangkan mental, memberikan nasihat, pikiran- pikiran baru, dan ilmu pengetahuan. Legitimasi dari peranannya hanya satu adalah persetujuan bebas dari kelompoknya terhadap kerja sama yang dilakukannya ini.

Contoh dari kepemimpinan ini ialah bila seorang mahasiswa turun ke desa sebagai tenaga lapangan, misalnya waktu Kuliah Kerja Nyata (KKN). Seperti telah diuraikan di atas, macam-macam kepemimpinan ditinjau dari kedudukannya, memperlihatkan bahwa dalam dunia kemahasiswaan lebih banyak mempunyai ciri pemimpin solidaritas dan pemimpin konsultan. Kepemimpinan di bidang kemahasiswaan dikembangkan dalam dunia masyarakat. Wadah KKN merupakan kegiatan langsung mahasiswa bagi masyarakat, dan cenderung mengembangkan kepemimpinan konsultan bagi para mahasiswa. Kegiatan-kegiatan seperti ini mempunyai akibat langsung bagi masyarakat dan terkadang harus dipertanyakan pula apakah kegiatan ini juga dipengaruhi oleh kegiatan politik langsung? Oleh karena itu, sangat jelas bahwa kepemimpinan di bidang atau dunia kemahasiswaan harus mendapat perhatian dan bimbingan yang penuh dari civitas academica.

Di samping hal-hal tersebut di atas, maka perlu diperhatikan tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat, di mana masyarakat Indonesia sedang dalam taraf perkembangan mengalami perubahan-perubahan cepat yang fundamental. Perubahan-perubahan ini jelas akan mempengaruhi pola kegiatan mahasiswa. Misalnya perubahan sistem nilai di kota-kota besar dengan daerah sekitarnya yang cenderung tradisional. Atau misalnya konflik aspirasi di antara generasi tua dan generasi muda karena jalan pikiran yang cenderung berbeda karena pengaruh usia. Hal-hal seperti ini tentu mempengaruhi dinamika kegiatan mahasiswa, dan secara tak langsung juga akan mempengaruhi kepemimpinan mahasiswa. Hal ini juga masih ditambah lagi oleh perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat cepat, sehingga kegiatan mahasiswa dengan kepemimpinannya harus ditinjau dari berbagai pendekatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *