PENGERTIAN PENYAKIT INFEKSI

By On Thursday, August 29th, 2019 Categories : Bikers Pintar

PENGERTIAN PENYAKIT INFEKSI – Ketika berada di dalam rahim janin mengalami peningkatan retardasi mental yang diakibatkan oleh penyakit infeksi yang dialami oleh ibu hand seperti rubella (campak Jerman). Konsekuensi penyakit ini paling berbahaya dalam trimester pertama kehamilan ketika janin belum memiliki respons imunologis vaatg dapat dideteksi, yaitu sistem imunnya belum cukup berkembang untuk melawas infeksi. Citomegalovirus, toksoplasmosis, rubella, herpes simpleks, dan sifilis merupakan infeksi kehamilan yang dapat menyebabkan cacat fisik dan retardasi mental pada janin. Sang ibu mungkin hanya mengalami sedikit simtom infeksi atau bahkan tidak mengalami simtom sama sekali, namun efeknya pada janin dapat sangat berbahaya. Ibu hamil yang dapat ke klinik pranatal akan diminta menjalani tes darah untuk sifilis. Para ibu sekarang ini juga dapat meminta tes darah untuk mengetahui apakah mereka memiliki imunitas terhadap rubella; hampir 85 persen perempuan di Amerika memilili imunitas. Perempuan yang belum memiliki imunitas disarankan untuk divaksinasi minimal 6 bulan sebelum hamil. Jika janin terinfeksi rubella dari ibu, kemungkinan si bayi akan lahir dengan lesi pada otak yang menyebabkan retardasi mental.

Infeksi HIV telah menjadi penyebab signifikan retardasi mental. Bila infeksi HIV tidak ditangani selama kehamila dan kelahiran, seorang ibu positif HIV lebih mungkin menularkan virus tersebut ke janin, dan sekitar separuh dari bayi-bayi yang terinfeksi tersebut mengalami retardasi mental. Beberapa di antaranya pada awalnya berkembang normal namun mengalami penurunan fungsi kognitif dan motorik seiring memburuknya kondisi HIV mereka; beberapa di antaranya tetap terinfeksi HIV selama-bertahun-tahun tanpa mengalami hendaya intelegensi.

Penyakit infeksi juga dapat memengaruhi perkembangan otak anak setelah dilahirkan. Ensefalitis dan meningitis meningokokal dapat menyebabkan kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki dan bahkan kematian jika terinfeksi semasa bayi atau kanak-kanak awal. Infeksi tersebut di masa dewasa biasanya tidak terlalu serius, mungkin karena otak sudah sangat berkembang pada sekitar usia 6 tahun. Terdapat beberapa bentuk meningitis di masa kanak-kanak, suatu penyakit di mana membran pelindung otak mengalami peradangan akut dan terjadi demam yang sangat tinggi. Beberapa anak yang berhasil sembuh tanpa mengalami retardasi berat dapat mengalami retardasi ringan hingga sedang. Efek merusak yang terjadi sesudahnya adalah ketulian, kelumpuhan, dan epilepsi.

Kecelahaan.

Di Amerika Serikat kecelakaan merupakan penyebab utama berbagai disabilitas parah dan kematian pada anak-anak berusia di atas 1 tahun. Jatuh, nyaris tenggelam, dan kecelakaan mobil merupakan beberapa kecelakaan yang paling umum terjadi di masa kanak-kanak dan dapat menyebabkan berbagai cedera otak dalam tingkat yang bervariasi dan retardasi mental. Institusi hukum yang mewajibkan anak-anak yang berkendara dalam mobil memakai sabuk pengaman dan memakai helm pengaman ketika mengendarai sepeda dapat berperan penting dalam mengurangi insiden retardasi mental pada anak-anak.

Bahaya Lingkungan

Beberapa polutan lingkungan dapat menyebabkan keracunan dan retardasi mental. Salah satu jenis polutan semacam itu adalah merkuri, yang dapat masuk ke tubuh dengan mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Polutan yang lain adalah timah, yang terdapat dalam cat yang mengandung timah, kabut asap, dan asap buangan kendaraan bermotor yang ditimbulkan oleh pembakaran bensin bertimbal. Keracunan timah dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan otak serta anemia, retardasi mental, kejang-kejang, dan kematian. Cat yang mengandung timah sekarang telah dilarang di Amerika Serikat, namun masih ditemukan di banyak rumah tua, di mana cat tersebut dapat mengelupas dan dipungut serta dimakan oleh anak-anak yang penuh rasa ingin tahu.

PENGERTIAN PENYAKIT INFEKSI | ADP | 4.5