PENGERTIAN PERANAN KUNCI (KEY ROLES)

By On Monday, November 17th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Untuk membedakan peranan kunci dari peranan tambahan, kita dapat melihat ciri-ciri peranan kunci sebagai berikut:

1) Peranan kunci muncul dari kedudukan (status) kunci. Dengan kata-kata nonteknis, peranan utama timbul dari kedudukan utama. Seseorang yang menempati kedudukan utama akan memainkan peranan utama. Dalam bahasa populis status kunci sering dikatakan kedudukan “penting” dan peranan kunci dikatakan peranan “penting” atau tugas “penting”. Tetapi perlu diketahui bahwa kedudukan penting tidak selalu status kunci, demikian pula tugas penting tidak selalu sama dengan peranan kunci. Menolong korban kecelakaan lalu lintas, misalnya, adalah suatu tugas yang penting, tetapi tugas yang demikian itu tidak akan disebut peranan kunci yang muncul dari kedudukan kunci.

Yang dimaksud dengan kedudukan kunci ialah kedudukan yang dominan sedemikian rupa, sehingga kedudukan lain harus mengalah terhadapnya. Kalau ditinjau dari orangnya, kedudukan kunci merupakan kedudukan yang memainkan pengaruh terbesar atas pembentukan pribadi lahir dan batin pemegang status. D adalah seorang dokter. Ini berarti D menempati suatu tangga masyarakat yang ditempati pula oleh orang-orang lain yang mempunyai status dokter. Dengan status dokter itu si D memegang peranan dokter. Berhubung dengan kedudukannya sebagai dokter dan praktek (peranan) kedokterannya, maka si D sebagai pribadi manusia akan mengembangkan dirinya terutama melalui kedudukannya sebagai dokter. Nafkah hidupnya ditentukan terutama oleh honorarium dari praktek kedokterannya. Dokter D melihat dunia sekitarnya dengan kaca mata kedokteran. Begitu pula masyarakat umum menilai dokter D dan segala kegiatannya, bahkan kegiatan yang bersifat sambilan pun, dengan ukuran yang berkaitan dengan kesehatan.

2) Peranan kunci menyita sebagian besar perhatian pemegangnya. Kegiatan-kegiatan lain yang bukan peranan utama harus dikalahkan apabila peranan utama itu memanggilnya. Dalam contoh, walaupun D sedang tidur di tengah malam, jika ada panggilan dari orang yang sakit keras, ia harus menghentikan tidurnya dan memenuhi panggilan.

3) Peranan kunci seseorang menjadi sumber utama dari penghidupan orang itu. Seseorang mungkin ikut aktif dalam aneka kegiatan, dan mendapat penghasilan tambahan dari kegiatan-kegiatan itu, tetapi itu semua adalah penghasilan sekunder.

4) Peranan kunci menuntut pendidikan dan latihan tersendiri, mela-lui jalur pendidikan atau latihan formal maupun informal. Masalah ini selalu berkaitan erat dengan bakat (kepandaian), kesempatan, dan fasilitas sebagai faktor yang ikut menentukan keberhasilan mencapai surat pengakuan (ijazah) spesialisasi dalam disiplin tertentu.

5) Peranan kunci menuntut pertanggungjawaban terbesar dari pe-megangnya terhadap masyarakat umumnya dan terhadap instansi pemegang status khususnya, di mana yang bersangkutan menjadi anggota. Seorang dokter misalnya dapat berbuat salah dalam menganalisis keadaan masyarakat. Namun itu lebih mudah diampuni daripada kesalahan yang dibuatnya dalam diagnose penyakit seseorang. Berhubungan dengan pentingnya peranan utama (kunci) itu maka dalam masyarakat maju pengangkatan seseorang dalam peranan itu dilakukan dengan pengucapan janji/sumpah jabatan.

PENGERTIAN PERANAN KUNCI (KEY ROLES) | ADP | 4.5