PENGERTIAN S-M-C-R MODEL

By On Tuesday, November 11th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Rumus S-M-C-R adalah singkatan dari istilah-istilah : S singkatan dari Source yang berarti sumber atau komunikator; M singkatan dari Message yang berarti pesan; C singkatan dari Channel yang berarti saluran atau media, sedangkan R singkatan dari Receiver yang berarti penerima atau komunikan.

Jangan keliru dengan singkatan pada Teori S-O-R, di mana S adalah singkatan dari Stimulus yang berarti pesan; sedangkan R adalah singkatan dari Response yang dalam bahasa Indonesia diartikan respons atau tanggapan atau reaksi.

Baik S-M-C-R maupun S-O-R adalah proses komunikasi. Khusus mengenai istilah Channel yang disingkat C pada rumus S-M C-R itu yang berarti saluran atau media, komponen tersebut menurut Edward Sappir mengandung dua pengertian, yakni primer dan sekunder. Media sebagai saluran primer adalah lambang, misalnya bahasa, kiai (gesture), gambar atau warna, yaitu lambang-lambang yang diperguna kan khusus dalam komunikasi tatap muka (face-to-face communication), sedangkan media sekunder adalah media yang berwujud, baik media massa, misalnya surat kabar, televisi atau radio, maupun media nir – massa, misalnya, surat, telepon, atau poster.

Jadi, komunikator pada komunikasi tatap muka hanya mengguna kan satu media saja, misalnya bahasa, sedangkan pada komunikasi bermedia seorang komunikator, misalnya wartawan, penyiar atau reporter menggunakan dua media, yakni media primer dan media sekunder, jelasnya bahasa dan sarana yang ia operasikan.

(MODEL S-M-C-R)

Incoming search terms:

  • teori smcr
PENGERTIAN S-M-C-R MODEL | ADP | 4.5