PENGERTIAN SINDROM SYOK TOKSIK

By On Sunday, December 14th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Sekumpulan gejala yang timbul akibat infeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus. Gejalanya bersifat mendadak, berupa panas tinggi, muntah dan diare, serta ruam kulit terutama pada telapak tangan dan kaki. Tekanan darah tiba-tiba menurun drastis dalam beberapa hari, sehingga penderita jatuh dalam keadaan syok. Bila penyakit infeksi ini tidak segera diobati, keadaan syok akan berlanjut dengan kematian.

Sindrom ini jarang terjadi, namun sebagian besar ditemukan pada wanita yang memakai tampon dalam vaginanya sewaktu haid. Sindrom ini baru dikenal menjelang tahun 1980-an, dan diduga timbul akibat suatu jenis racun baru yang dihasilkan oleh bakteri penyebabnya. Tampon yang digunakan untuk menyerap darah haid diduga merupakan media yang baik bagi pertumbuhan bakteri tersebut.

Penyakit ini diatasi dengan pemberian antibiotika yang sesuai serta obat-obatan lain untuk memperbaiki syok dan gejala lainnya. Pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan diri, khususnya vagina, pada wanita yang sedang mengalami haid.

PENGERTIAN SINDROM SYOK TOKSIK | ADP | 4.5