Perubahan masyarakat.

Pengertian surrealism (surealisme) adalah Gerakan sosioartis­tik revolusioner, yang bertujuan memenga­ruhi perubahan masyarakat melalui pen­gungkapan keajaiban di balik kehidupan sehari-hari, dan eksploitasi metodis terha­dap sumber daya alam bawah sadar. Penyair Guillaume Appolinaire mendeskripsikan dramanya Les Mamelles de Tiresias (1917) sebagai “drame surrealiste,” dan kata ini diadopsi oleh sejumlah penyair muda yang bergabung dalam majalah Litterature, khu­susnya Andre Breton, Phillippe Soupault, Louis Aragon, dan Paul Eluard, sejak 1922. Breton kemudian menjadi pimpinan dan teore­tisi kelompok ini, yang segera mirip menjadi partai politik, lengkap dengan anggota, pe­ngadilan, pengusiran dan pembangkangan, dan bahkan punya kamus sendiri.

Gerakan demokratik teoretis. Pengertian surrealism (surealisme) adalah

Surealisme berasal dari sikap nihilistik anti seni dari gerakan Dada. Berdasarkan gerakan tersebut Surealisme menciptakan demonstrasi, manifesto, taktik dan ingin untuk “epater les bourgeois,” dan memun­culkan perhatian pada penemuan Sigmund Freud. Surealis melakukan kesibukannya berdasarkan kebet u I a n—basard objectif­dari lcarya filosofis antiseni Marcel Du­champ, seorang anggota kelompok Dada, dan metode estetikanya dari frase dari Les Chants de Maldoror (1869) oleh Isidore Ducasse, Cointe Lautreamint: “seindah pertemuan tak terduga antara mesin jahit de­ngan payung di atas meja yang berantakan.” Pengertian surrealism (surealisme) adalah Jukstaposisi pengontrasan atau realitas kon­tradiktif untuk mendapatkan keadaan sur­real baru ini dilakukan oleh Breton dengan nienggunakan Dialectic Hegel, dan dibantu oleh ide collage, menyatukan elemen-elemen fotografis atau cetalc. Ciri “do-it-youself” dari teknik ini didasarkan pada pepatah lain dari Lau­treamont: “puisi haruslah dibuat oleh semua orang.” Collage, penggunaan permainan kertas anak-anak secara serius sebagai “kon­sekuensi” (dikenal sebagai cadavres exquis), penggunaan mimpi dan materi trance dan penulisan otomatis, dan penemuan “objek yang ditemukan,” dipakai sebagai landasan gerakan demokratik teoretis. Media baru seperti fotografi (dengan Man Ray), dan film (dengan Luis Bunuel) tampaknya sesuai di­adaptasi dengan baik untuk memproduksi realitas yang bertentangan. Seni primitif dan naif, thriller murahan dan film-film awal Hollywood diungkap dan diakui. Adalah ironis bahwa surealis kini dianggap sebagai kelompok penyair dan pelukis elit. Selama tahun-tahun aktivitas puncak pada 1930-an, pada saat puncak aktivitas Populer Front dan antifasis, mereka ber­usaha keras mengaitkan diri dengan Par­tai Komunis Perancis, yang menyebabkan peristiwa tragis; semangat kebebasan itu, bagaimanapun tulusnya, tidak punya tempat dalam hierarki partai yang kaku. Meskipun mereka menganggap dirinya sebagai gerakan seni, adalah juga ironis bah­wa surealisme kini lebih dikenal sebagai wadah perkembangan pelukis terkemuka: Max Ernst, Andre Masson, Rene Magritte, Salvador Dali; kebangsaan mereka yang ber­macam-macam menunjukkan penyebaran gerakan ini di tingkat internasional. Conta—l’amour fou—dan Wanita men­jadi inspirasi. Pengertian surrealism (surealisme) adalah Surealis mengganti cinta metafisik dan ilahiah dengan cinta fisik. Sejumlah “pemikir” mereka menjadi artis dan seniman: wanita seperti Elsa Triolet, Lee Miller, Meret Oppenheim dan yang lainnya ada dalam gerakan itu. Surealisme mencapai puncalcnya dalam pameran besar di London (1936) dan Paris (pada 1938), tetapi ia tetap bertaban setelah kematian Breton pada 1966 dan masih berpengariih pada Pop Art 1960-an.