PENGERTIAN TEGAS

199 views

Ketegasan adalah kemampuan untuk dapat menghadapi orang lain tanpa menimbulkan penghinaan. Di dalam lapangan hubungan antarmanusia ketegasan adalah kemampuan untuk menyampaikan dan melaksanakan hal yang tepat pada waktu yang tepat. Ketegasan meliputi pengertian dari sifat manusia dan menghargai perasaan dari orang lain.

Ketegasan penting bagi hubungan pribadi. Kritik harus jelas tetapi membangun. Hal tersebut tidak boleh menakutkan seseorang atau memindahkan perhatian dan tenaga dari bawahan. Setiap komandan harus mempunyai ketegasan pada waktu menasihati mereka yang datang padanya dengan persoalan pribadi yang mengganggu. Hindarilah penilaian terhadap persoalan tersebut karena peran utama di sini hanyalah sebagai penasihat. Kadang-kadang nilai tertinggi dalam ketegasan hanyalah mendengarkan dengan pengertian penuh dan membiarkan si prajurit sampai pada pemecahan persoalan itu sendiri. Anda dapat membenarkan keputusannya atau menyarankan keputusan lain.

Keramahtamahan merupakan sebagian dari ketegasan yang tidak dapat dihindari dalam hubungan anda dengan atasan atau bawahan, lintuk beramah-tamah, dan gagal dalam membalasnya dengan seimbang, memperlihatkan tidak adanya perhatian dan atau ketidak- acuhan. Para perwira yang belum berpengalaman atau para bintara yang sering sekali bersopan santun di dalam komando militer menunjukkan kelemahan, dan lebih buruk lagi, bahwa dari seorang bawahan merasakan sebagai penjilatan. Hal itu tidak benar. Kera- mahtamahan tergantung kepada sikap mental seseorang dan ditunjukkan baik dalam kata-kata maupun perbuatan. Seorang pemimpin mungkin meneriakkan perintah tanpa kepribadian dan kasar. Yang lain mungkin memberikan perintah dengan nada yang disertai keramahtamahan dan mengharapkan rasa tunduk. Kedua cara mungkin mendapatkan rasa tunduk, tetapi yang kedua akan lebih mendapatkan rasa tunduk dan kerja sama secara sukarela. Di dalam keadaan darurat, perintah yang cepat dan tegas menjadi disenangi karena menghemat waktu dan tidak perlu diragukan. Ada kalanya, perintah-perintah yang keras dapat digantikan dengan nada-nada ramah, tetapi walaupun demikian tidak ada alasan untuk membenarkan kekasaran. Biasanya, nada bicara yang tenang, ramah-tamah tetapi tegas akan mendapatkan balasan yang cepat. Jadi, ketegasan dan keramahan berhubungan dekat dengan sikap mental seperti juga dengan tindak-tanduk dan bahasa, d. Untuk mengembangkan “ketegasan” adalah:

  1. Selalu ramah-tamah dan gembira.
  2. Menghargai orang lain.
  3. Pelajari tindakan-tindakan perwira yang sukses dan menjadi ahli dalam hubungan antarmanusia.
  4. Pelajari bentuk kepribadian yang lain-lain untuk mendapatkan pengetahuan dalam sifat dan kebiasaan manusia.
  5. Kembangkan kebiasaan bekerja sama baik dalam bentuk moril maupun riil.
  6. Peliharalah sikap penuh pengertian (toleransi).
  7. Perlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan.
  8. Ketahuilah bilamana harus terlihat secara resmi dan bilamana sebagai masyarakat. Pahamilah kalau kehadiran atau tidak hadirnya anda mengganggu orang lain atau diri sendiri.

Incoming search terms:

  • pengertian tegas
  • arti tegas
  • tegas adalah
  • definisi tegas
  • apa itu tegas
  • Pengertian ketegasan
  • Arti kata tegas
  • tegas artinya
  • arti ketegasan
  • apa arti tegas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *