PENGERTIAN TEMA ONTOLOGIKAL

By On Wednesday, November 12th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Apabila epistemologi adalah studi terhadap pengetahuan, ontologi adalah cabang filsafat mengenai sifat wujud (nature of being), atau lebih sempit lagi sifat fenomena yang ingin kita ketahui. Dalam ilmu pengetahuan sosial ontologi terutama berkaitan dengan sifat interaksi sosial.

Pentingnya persoalan ontologis, sebab cara para teoritisi mengkonseptualisasikan komunikasi bergantung pada bagaimana pandangannya terhadap komunikator. Littlejohn mengatakan bahwa meski dalam teori komunikasi tampak berbagai posisi ontologis, tetapi kiranya dapat dikelompokkan menjadi dua posisi dasariah yang saling berlawanan.

  1. a) Teori aksional (actional theory)

Teori ini menganggap bahwa orang menciptakan makna, mereka mempunyai tujuan, mereka menentukan pilihan nyata. Pandangan aksional berpijak pada landasan teleologis, yang menyatakan bahwa orang mengambil keputusan yang dirancang untuk mencapai tujuan.

  1. b) Teori nonaksional (nonactional theory)

Teori ini menganggap bahwa perilaku pada dasarnya ditentukan oleh dan responsif terhadap tekanan-tekanan yang lalu. Dalam tradisi ini dalil-dalil tertutup biasanya dipandang tepat; interpretasi aktif yang dilakukan oleh seseorang dilihat dengan sebelah mata.

PENGERTIAN TEMA ONTOLOGIKAL | ADP | 4.5