PENILISIN DAN TURUNANNYA

By On Thursday, October 15th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Lebih dari setengah abad semenjak Alexander Fleming menemukan Penisilin pada tahun 1928 di Rumah Sakit St. Mary’s London, antibiotika sebagai obat antibakteri mengalami perkembangan dalam jumlah jenis dan kekuatan potensinya. Penisilin yang diperkenalkan oleh Fleming dikembangkan oleh Florey’dan Chain dari Universitas Oxford, menjadi obat terapi sistemik dengan menggunakan biakan Penicillium notatum. Untuk memperkenalkan dan mengembangkan penggunaan anti-bakteri tersebut, Florey melanjutkan penelitiannya di Amerika Serikat bekerja sama dengan N.G Heatley tahun 1941 pada Northern Regional Research Laboratories di Peoria dengan mengembangkan strain (turunan) baru. Akibat kebutuhan Penisilin dalam jumlah besar semasa Perang Dunia II, dicari dan didapatkan turunan dari Penicillium chrysogenum (Pratt & Dufrenoy, 1953).;,
Struktur B-laktam dari penisilin pertama kali, dikemukakan oleh Abraham dan Chain tahun 1943. Tetapi pada waktu itu belum begitu barvyak dikenal orang dan masih menjadi bahan pembicaraan. R.B. Woodward justru memperkenalkan struktur lain dari penisilin yang diberi nama struktur thiazolidineoxazolone. Akhirnya tahun 1945 struktur B-laktam diakui setelah Dorothy Hodgkin dan Barbara Low berhasil menyimpulkan dari analisis menggunakan sinar X kristalografi (Mitsuhashi, 1981).
Penisilin merupakan asam organik, terdiri dari satu inti siklik dengan satu rantai samping. Inti siklik terdiri dari cincin tiazolidin dan cincin B-laktam. Rantai samping merupakan gugus amino bebas yang dapat mengikat berbagai jenis radikal. Penisilin ada yang diperoleh dari alam dengan mengekstraksi dari biakan P. Chrysogenum, dan ada yang diperoleh secara semisintetik dengan mengubah struktur kimia penisilin alam atau deng&n cara sintesis yang dimulai dari inti penisilin, asam 6-aminopenisilanat (6-APA). Dengan menambah asam fenil asetat dalam medium biakan P. Chrysogenum akan menghasilkan benzil penisilin (Penisilin G), sedangkan bila ditambahkan asam fenoksi asetat akan dihasilkan fenoksimetil penisilin (penisilin V). Medium biakan yang tidak ditambahkan sesuatu akan menghasilkan 6-APA, yang dapat digunakan untuk pembuatan penisilin semisintetik. Penisilin dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu kelompok fenoksi penisilin yang tahan asam dan berspektrum anti bakteri sempit, kelompok isoksazoiil penisilin dengan sifat tahan asam, tahan penisilinase dan berspektrum anti bakteri sempit, dan kelompok ampisilin yang tahan asam tetapi rentan terhadap penisilinase dan berspektrum anti bakteri lebar.

PENILISIN DAN TURUNANNYA | ADP | 4.5