PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN KEDELAI

By On Wednesday, October 21st, 2015 Categories : Bikers Pintar

Tanaman kedelai mempunyai arti yang penting yaitu sebagai bahan makanan yang tinggi kadar proteinnya dan dapat menyuburkan tanah serta digunakan sebagai bahan makanan ternak. Produktivitas kedelai turun disebabkan oleh penyakit karat daun sebanyak 36% pada varietas yang tahan dan 81% bahkan 100% pada varietas yang peka. penyakit karat daun disebabkan oleh Jamur Phakopsora pachyrhizi sydow. Gejala awalnya terlihat bercak berwarna coklat kelabu kemudian berubah menjadi coklat tua atau coklat kelabu ke-mudian berubah menjadi coklat tua atau/coklat kemerahan. Faktor iklim sangat menentukan perkembangan.penyakit ini. Pengendalian penyakit in’i dapat dilakukan (jengan kultur teknis, pemuliaan tanaman dan bahan kimia.
Tanaman kedelai (Glycine max (L) Merr) adalah salah satu tanaman yang mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia dan ternak di samping itu “juga mempengaruhi kesuburan tanah. Kedelai digunakan sebagai bahan makanan karena kandungan gizinya tinggi terutama protein di samping lemak dan vitamin.
Melihat pentingnya kedelai bagi kehidupan manusia yang mengandung protein tinggi dan rendahnya produktivitas karena penyakit karat daun perlulah kiranya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dan gejala penyakit sehingga dapat dilakukan penanggulangan secara dini. Dengan demikian maka produktivitas yang tinggi dapat dicapai.
Berikut ini akan diuraikan mengenai kedelai, penyakit karat daun meliputi penyebab, gejala penyakit dan tindakan pengendaliannya.

PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN KEDELAI | ADP | 4.5