PENYUSUNAN TENAGA KERJA STAFFING IN MANAGEMENT

By On Friday, September 25th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Salah satu sumber yang sangat penting di dalam Organisasi/Badan Usaha ialah sumber daya manusia (tenaga kerja), yang melengkapi Organisasi/Badan Usaha dengan pekerjaan, bakat, daya cipta dan semangat. Dengan demikian salah satu fungsi manajemen yang sangat penting ialah memilih, melatih dan mengembangkan tenaga berkualitas yang dapat membantu Organisasi/Badan Usaha untuk mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien. Dalam kaitan ini diuraikan bagaimana Organisasi/ Badan Usaha memperoleh sumbersumber tenaga kerja yang diperlukan pada waktu sekarang dan yang akaiy datang. Selanjutnya bagaimana para manajer memflih orangorang yancj merppunyai potensi yang paling7 fraik untuk setiap jabatan, bagaimana cara melatih aan mengembangkannya, sehingga mereka akan dapat melaksanakan tugasnya secara efektif. Kemudian tipe program apa yang paling cocok yang dapat menjamin secara tetap alur bakat tenaga kerja tersebut dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi di dalam Organisasi/Badan Usaha (James A. Stoner, 1982, 521).
Penyusunan Tenaga Kerja (Staffing) adalah suatu proses yang dimulai dari merencanakan kebutuhan tenaga kerja sampai pemberhentian kerja. Adapun rangkaian proses itu adalah mulai dari merencanakan kebutuhan tenaga kerja, pengerahan (recruitment), pemilihan (selection), pengenalan dan orientasi (induction and development), pelatihan dan pengembangan (training and development), penilaian pelaksanaan pekerjaan (performance appraisal), pemindahan (transfer), dan pemutusan hubungan kerja (separation). Dengan kata lain penyusunan tenaga kerja adalah suatu siklus (Circles) yang berlangsung terus menerus, tanpa mengenal awal dan akhir. Salah satu fungsi dalam setiap bentuk organisasi yaitu Manajemen Personalia yang mengelola tenaga kerja. Fungsi Manajemen Personalia ini mencakup kegiatan yang berhubungan dengan pemilihan, penempatan, pembinaan danipengembangan tenaga kerja yang diperlukan. Fungsi ini merupakan salah satu Fungsi Manajemen yang penting peranannya dalam pencapaian setiap tujuan organisasi. Demikian pentingnya peranan tersebut sehingga kita tidak dapat membayangkan bagaimana dalam suatu organisasi tanpa tenaga kerja manusia tersebut.
Salah satu tugas Manajer Personalia yaitu mengisi suatu jabatan dengan tenaga kerja yang sesuai. Kegiatan tersebut tidak berhenti pada saat suatu jabatan sudah diisi tetapi akan terus berlanjut. Ini disebabkan karena pengisian jabatan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pada waktu sekarang saja tetapi harus pula mampu untuk mengantisipasi akan kebutuhan organisasi untuk waktu yang akan uatang. Untuk dapat mencapai hal tersebut di-perlukan penempatan dan pembinaan yang baik agar tenaga kerja mampu mengembangkan sekaligus mengikuti perkembangan kegiatan organisasi. Ini merupakan salah satu kegiatan Manajer Personalia yang dikenal dengan Penyusunan Tenaga Kerja (Staffing). Agar fungsi tersebut dapat dilaksanakan, oleh seorang Manajer Personalia dituntut untuk mampu melihat jauh ke depan. Di samping memiliki kemampuan dasar personalia, seorang Manajer Personalia harus pula berpengetahuan yang luas. Semuanya ini harus didasarkan pada pemahaman mengenai rencana pengembangan organisasi. Sebab melalui pemahaman ini seorang Manajer Personalia akan dapat menyusun rencana tenaga kerja yang mampu memenuhi kebutuhan organisasi untuk waktu yang akan datang.

PENYUSUNAN TENAGA KERJA STAFFING IN MANAGEMENT | ADP | 4.5