PERUBAHAN SOSIAL PADA USIA LANJUT

By On Friday, July 10th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Setiap fase siklus kehidupan manuisa mengalami masa traumatik yang spesifik untuk setiap kelompok umum. Erik Erikon mendeskripsikan hidup sebagia suatu urutan delapan tahap psikososial dari masa bayi hingga masa tua. Pada masa masa tersebut, seseorang akan mengalami krisis emosional tertentu yang harus dilalui dan diselesaikan. Penyelesaian krisis krisis tersebut mengakibatkan orang menjadi matang dan meneruskan ke tahap berikutnya dengan berhasil. Tahap tahap tersebut antara lain adalah :

  1. Usia pertengahan (middle age, usia 45 59 tahun ).

Pada tahap ini banyak yang sudah bebas dari kewajiban sebagai orang tua karena anak anaknya sudah mentas. Mereka yang menrt’^karirnya, dapat mulai menikmati hasilnya. Banyak yang merasa heran menjumpai dirinya menjadi orang yang tertua dalam lingkungannya. Dalam tahap ini mereka diingatkan dengan meninggalkan teman dan keluarganya, menghadiri perkawinan anak anaknya dan menjadi kakek’dan nenek. Mereka secara relatif masih sehat apabila dapat berhasil memelihara kesehatannya dan perencanaan hidup yang lebih panjang. Mereka bersifat lebih introspektif, reflektif dan bijaksana. Pada masa ini sering mulai timbul keinginan untuk mendalami agama dan kepercayaan.

  1. Usia lanjut ( elderly, usia 60 74 tahun )

Mereka menghadapi sejumlah transisi peran. Suami atau istri sering meninggal pada usia ini dan beberapa orang mengalami masalah kesehatan yang serius. Pada umumnya mereka sudah pensiun yang membawa akibat perubahan besar dalam status ekonomi dan pribadi, dan gaya hidup.Walaupun untuk beberapa orang secara finansial baik, yang lain harus mengelola uangnya dengan sangat hati hati.

Aktivitas olah raga, hobi dan hubungan sosial dapat menjadi fokus baru dalam kehidupan sehari hari, tetapi umumnya sulit mulai dan menghentikan kebiasaan lama. Masa pensiun dapat mengubah hubungan suami istri. Waktu tambahan menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga menghadapi kesulitan dengan hubungan erat yang belum terbiasa.

Dengan rencana yang baik, masa tua dapat merupakan masa yang menyenangkan, disebut sebagai “tahun tahun keemasan” dalam kehidupan. Riset menunjukkan bahwa dekade ke tujuh dari kehidupan dapat merupakan masa terkabulnya keinginan, dengan fokus lebih bes*r pada diri sendiri, kesempatan yang meningkat untuk aktualitas dari, berlanjutnya produktivitas, dan bebas dari tanggung jawab dari masa sebelumnya.

  1. Usia tua ( usia 75 tahun atau lebih )

Kualitas hidup pada masa ini sangat bergantung pada sifat sifat gaya hidup masa sebelumnya. Beberapa orang dapat beruntung dengan dilindungi secara genetik dari beberapa penyakit yang dapat menurunkan kondisi kesehatan atau membuat cacat. Ada orang yang mempunyai cukup uang untuk memperoleh teman, pemeliharaan kesehatan yang lebih baik dan kenyamanan yang lain.

Untuk kebanyakan orang, pada tahap ini perilaku dan kebiasaaan memainkan peranaan penting dalam membentuk ciri orang tersebut, tidak hanya pada saat sekarang, tetapi juga kualitas hidupnya, Faktor sosio ekonomi mempengaruhi perkembangan seseorang dari tahun ke tahun sebelumnya. Bagi yang secara sosio ekonomi kekurangan, akan berakibat kurang siap untuk menghadapi usia lanjut dibandingkan dengan mereka yang lebih terpelihara, berpendidikan dan keuntungan keuntungan dari pekerjaan sebelumnya. Rasa aman di banding ekonomi merupakan faktor yang penting dalam pembinaan moril pada lansia. Pendapatan dari uang tabungan, pensiun dan lain lain tidak hanya lebih kecil daripada pendapatan sebelumnya, tetapi juga secara progresif megalami devaluasi dan inflasi sehingga menambah trauma psikologis.

Incoming search terms:

  • perubahan sosial pada lansia
PERUBAHAN SOSIAL PADA USIA LANJUT | ADP | 4.5