SI KABAYAN NGALA INJUK (SI KABAYAN MENCARI IJUK)

By On Saturday, July 25th, 2015 Categories : Bikers Pintar

 

  1. Ringkasan Cerita.

Dalam cerita ini, Si Kabayan digambarkan sebagai tokoh yang tekun bekerja dan cerdik. Pada suatu hari Si Kabayan diajak temanya untuk mencari ijuk. Ketika pekerjaan dimulai Si Kabayan sibuk sendiri mengumpulkan ijuk, sementara temannya hanya tidur-tiduran de-ngan berdalih sakit pinggang. Karena kesal, Si Kabayan ingin membalas kelicikan temannya. Setelah selesai mengumpulkan ijuk Si Kabayan mohon diri, bahwa ia ada keperluan dan meminta temannya untuk membawa pulang ijuk tersebut.

Sebenarnya Si Kabayan masuk ke dalam gulungan ijuk tersebut, sehingga ketika te-mannya memikul ijuk tersebut Si Kabayan ikut terpikul. Ketika mengetahui hal itu temannya saangat marah, ia pun bermaksud membalas-nya. Namun Si Kabayan telah mengetahui maksud licik temannya, sehingga ketika ijuk telah selesai dikumpulkan dan temannya ber-buat serupa dengan perbuatan yang telah dilakukan oleh Si Kabayan. Si Kabayan pura- pura hendak membakar gulungan ijuk itu. Mendengar maksud Si Kabayan, temannya terkejut dan segera keluar dari gulungan ijuk. Dengan demikian Si Kabayan tidak usah me-mikul temannya dan tidak pula memikul ijuk.

  1. Nilai Budaya dalam SI Kabayan Ngala Injuk

Tema yang dikemukakan dalam cerita Si Kabayan Ngala Injuk adalah kelicikan. Tema kelicikan ini dapat dirumuskan bahwa orang yang berbuat licik akan selalu mendapat kesengsaraan. Amanat yang dapat disimpulkan dari cerita Si Kabayan Ngala Injuk adalah :

(1) Janganlah bersenang-senang manakala melihat orang yang sedang repot bekerja;

(2) Janganlah berbuat curang karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dari tema dan amanat uyang terungkap dalam cerita Si Kabayan Ngala Injuk dapat ditarik beberapa nilai budaya, yaitu :

(1) Tolong-menolong adalah perbuatan yang baik.

(2) membantu orang yang sedang repot bekerja merupakan suatu sikap yang terpuji.

(3) Bersenang-senang diatas penderitaan orang lain merupakan kelalaian.

(4) Berbuat curang mendatangkan kesengsaraan bagi diri sendiri dan bagi orang lain.

(5) Gunakan kecerdikan agar tujuan tercapai.

 

SI KABAYAN NGALA INJUK (SI KABAYAN MENCARI IJUK) | ADP | 4.5