TEKNIK SURVAI LAPANGAN DALAM PENELITIAN SOSIOLOGI

15 views

Mungkin metoda atau teknik survai lapangan ini paling banyak digunakan oleh para sosiolog ataupun ilmuan dari ilmu-ilmu sosial lainnya, bila dibandingkan dengan metoda atau teknik lainnya. Vredenb- regt memberi batasan terhadap survai sebagai suatu metoda yang bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah besar variabel mengenai sejumlah besar individu melalui alat pengukur wawancara23, sedangkan Donald P. Warwick dan Charles A. Lininger menyatakan bahwa survai adalah suatu metoda untuk mengumpulkan informasi tentang suatu populasi manusia (human population) dengan melakukan hubungan langsung (direct contcat) dengan membuat unit-unit studi (individu-individu ; organisasi-organisasi; komunitas)

  1. Individu adalah satuan penelitian. Data dikumpulkan melalui individu dengan tujuan agar melalui generalisasi menarik kesimpulan mengenai suatu kelompok masyarakat. Dengan kata lain, suatu survai bertujuan untuk menyifatkan suatu masyarakat berdasarkan data yang dikumpulkan pada individu, dan sepanjang ada hubungan dengan masalah yang ingin diteliti.
  2. Variabel yang dikumpulkan dalam rangka survai pada prinsipnya tidak terhingga banyaknya, mulai dari variabel dasar seperti latar belakang responden berupa kelamin, umur, agama, pekeijaan, status perkawinan, suku bangsa, dan sebagainya, sampai sikap dan pandangan responden, lingkungan sosial manusia, kelakuan manusia, tetapi juga mengenai ciri-ciri khas demografis dari kelompok manusia.
  3. Alat pengukur yang dipakai adalah wawancara berupa daftar pertanyaan yang berbentuk schedule atau suatu kuesioner, yang biasanya sangat berstruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *