TELEVISI DAPAT MENGURANGI DIALOG ANTARA ORANG TUA DAN ANAK

By On Friday, October 2nd, 2015 Categories : Bikers Pintar

Terjadinya revolusi komunikasi di bidang media elektronik dengan istilah revolusi industri kedua pada abad ini, menurut pengamatan para ahli komunikasi akan menimbulkan “revolusi, meningkatnya frustasi” (revolution of rising frustation). Dan sifat informasi yang disebarkan media massa elektronik, khususnya televisi adalah dari atas ke bawah, dari kaum elit ke khalayak, dari kota ke desa, dan dari negara maju ke negara berkembang. Artinya media televisi dapat menyebarkan informasi secara global. Televisi salah satu media massa dalam bentuk media pandang dengar (audiovisual) sampai saat ini dianggap sebagai media yang paling efektif dan cukup ampuh dalam menyampaikan pesan, entah bersifat rekreatif atau hiburan, edukatif atau pendidikan, maupun sekedar informatif belaka. Di samping itu pula media televisi dapat menembus ruang dan waktu, karena boleh dibilang merupakan media komunikasi yang paling akrab di kalangan publiknya. Publik dapat menikmati berbagai sajian yang disuguhkan dari pengelola televisi dengan beraneka cara yang dikehendakinya dan di mana saja serta kapan saja; sambil makan, tiduran, duduk, dan sebagainya. Berdasarkan keunggulan dan kelebihan yang dimiliki media televisi telah banyak menimbulkan kekhawatiran mengenai pesan-pesan yang digulirkan.

Dengan muatanmuatan terpresentasikan, tervisualisasikan, teraktualisasikan, dan terkristalisasikan dalam setiap mata acara yang disampaikan (Hasanuddin, Suara karya, 27 Maret 1994). Selanjutnya Brown (1976) mengatakan bahwa televisi sebagai media yang paling umum hampir semua orang secara teratur ditonton dalam keluarga dan sangat terpadu dalam pola interaksi keluarga yang merupakan bagian integral dari perilaku kelompok remaja.

Bila kita telusuri dari kedua pendapat tersebut, di mana televisi merupakan media komunikasi yang paling akrab di antara penonton dan mempunyai kedudukan yang bersifat integral bagi mereka terutama menerima pesan-pesan yang disajikan melalui televisi. Dengan adanya kehadiran televisi dalam kehidupan manusia, khususnya di lingkungan keluarga timbul masalah, apakah media televisi dapat mengurangi dialog antara orang tua dan anak ?

TELEVISI DAPAT MENGURANGI DIALOG ANTARA ORANG TUA DAN ANAK | ADP | 4.5