TIPS REVISI NASKAH ARTIKEL SETELAH DITOLAK

By On Friday, May 8th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Lantas, bagaimana seharusnya kita memperlakukan naskah artikel yang telah ditolak dan dikembalikan oleh pihak media pers? Beberapa cara bisa ditempuh, antara lain:

  1. Membaca dan memeriksa kembali dengan saksama untuk meyakinkan diri kita sesungguhnya tak ada sesuatu yang merisaukan dengan artikel tersebut. Kita berasumsi, naskah artikel kita tidak dimuat karena pertimbangan atau alasan lain yang tidak kita ketahui. Mungkin pertimbangan politis.
  2. Melakukan evaluasi secara menyeluruh mulai dari ide sampai tesis dan kerangka karangan, apakah secara teknis ada hal-hal yang sifatnya ganjil seperti judul yang terlalu provokatif, topik yang kurang menarik, intro yang tidak atraktif, tesis yang cendefung mengulang-ulang pendapat atau gagasan usang, atau bahkan cara penyajian artikel tersebut “terlalu ilmiah” schingga sulit dicerna oleh tingkat intelektualitas rata-rata khalayak pembaca.
  3. Melakukan revisi atau modifikasi seperlunya sesuai dengan keperluan dan tujuan pengiriman berikutnya. Jadi, setelah direvisi atau dimodifikasi, artikel yang sama bisa kita kirimkan lagi ke media yang lain. Kita melakukan revisi dengan pertimbangan, artikel itu memuat gagasan baru yang harus disampaikan kepada sidang pembaca untuk didiskusikan.
  4. Mendokumentasikannya sebagai bahan instrospeksi sekaligus pemacu motivasi untuk lebih aktif, kreatif, dan produktif lagi dalam menulis artikel. Kita harus banyak belajar dari kelemahan dan kesalahan kemarin agar tidak terulang lagi besok lusa. Dalam perspektif paedagogi, kelemahan dan kesalahan haruslah dijadikan sumber pembelajaran yang sangat berharga dan bukan sebagai pemicu utama kegagalan yang merugikan.
TIPS REVISI NASKAH ARTIKEL SETELAH DITOLAK | ADP | 4.5